Username Password

Register Here || Lost Password
Navigation
Home
Articles
Forum
Web Links
Photo Gallery
Videos
MP3 Album
Free eBook
Software
FAQ
Search
Contact Us
Last Seen Users
EngantAnaek00:13:10
CerenTaf 2 days
BrianerI 3 days
Ludovicw 3 days
EVA-00 5 days
mungek 6 days
AlterEX732 1 week
skydols 1 week
BatonBar 1 week
Dustingek 2 weeks
Users Online
Guests Online: 1

Members Online: 0

Total Members: 21,034
Newest Member: CerenTaf
Popular Downloads
1000 Hacker Tutorial... 33377
Radmin 3.1 10598
SQL Injection Expose... 9829
Free eBook Cara muda... 9151
1000 Photoshop Brushes 8910
Cara Mudah Membuat W... 8594
The Art of Manipulat... 8389
Blink 182-Neighborho... 8089
Ubuntu Is My Favouri... 8070
Avenged Sevenfold-Ni... 7929
Sponsor
Hosted By Dracoola
Tracklink
Locations of visitors to this page
RSS - Feeds
RSS - News
RSS - Articles
RSS - Forum
RSS - Downloads
RSS - Photo Gallery
RSS - Weblinks
Linux Untuk Anak? Ada Dong!
Open Source

Jakarta - Berapa banyak dari anak-anak atau adik-adik kita yang tahu dan familiar dengan GNU/Linux? Bagaimana jika dibandingkan dengan anak-anak yang mengenal sistem operasi lain? Jika jawabannya adalah lebih sedikit, maka pertanyaan selanjutnya adalah mengapa?



Saat ini kita tahu dan mengenal ratusan distro GNU/Linux yang juga kita gunakan, baik dari racikan developer lokal maupun distro lain yang diracik oleh developer internasional. Ada Ubuntu dengan Unity, Fedora dengan GNOME 3, Linux Mint, openSUSE hingga Debian. Ada pengguna mahir yang tahu A sampai Z Linux dan ada pula yang menjadi pengguna untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Namun, sudahkah kita mengenalkan Linux ke anak-anak? Atau justru kita berusaha menjauhkan mereka dari Linux karena memandang Linux adalah sistem operasi yang sulit?

Mendidik dan membiasakan anak untuk mengenal sesuatu sejak dini adalah semacam menanam investasi untuk masa depan si kecil. Hasil berbagai riset juga membenarkan bahwa pendidikan dan pembiasaan akan sesuatu sejak dini membawa efek yang cukup besar dalam kehidupan si anak ketika dewasa. Apapun jenis pendidikan dan kebiasaannya, termasuk mendidik dan membiasakan anak dengan Linux.

Adakah Linux Khusus Untuk Anak?

Ada yang bertanya, memangnya Linux cocok untuk anak-anak? Jawabannya, tentu saja cocok. Bukti paling nyata bahwa Linux adalah sistem yang sesuai untuk anak-anak adalah proyek OLPC (one laptop per children) yang diprakarsai oleh Profesor Nicolas Negroponte.

Dengan tampilan yang bagus dan bentuknya yang lucu, proyek yang dimulai sejak 2005 ini menjadi daya tarik yang luar biasa bagi anak-anak dan terbukti sukses di berbagai benua seperti Amerika, Afrika, Australia maupun Asia -- meskipun tidak sampai ke Indonesia.

Untungnya, kita masih bisa mendapatkan versi lain dari OLPC yang bisa diunduh dan diinstall di komputer sendiri atau via LiveCD. Inilah beberapa distro GNU/Linux yang bisa diunduh dan digunakan untuk anak-anak.

-. Sugar / www.sugarlabs.org
Ini adalah salah satu distro yang bersumber dari Fedora dan merupakan bagian dari proyek OLPC. Melalui Sugar, siswa sekolah dasar akan belajar fokus mengerjakan satu hal karena menggunakan mode fullscreen. Melalui tampilan yang secara total berbeda, Sugar menjadi sistem operasi yang tidak memiliki kemiripan sedikitpun dengan komputer desktop. Sugar juga cocok digunakan untuk kelas.

-. Qimo for Kids / www.qimo4kids.com
Qimo merupakan distro berbasis Ubuntu yang cocok untuk anak berumur tiga tahun ke atas dan untuk perseorangan. Secara default, setiap instalasi Qimo disertai dengan game-game lucu dan dengan tampilan iconnya yang berukuran besar maka anak-anak tidak akan kesulitan dalam menggunakan distro ini.

-. Edubuntu / www.edubuntu.org
Jika Qimo lebih tepat digunakan untuk stand alone PC, maka Edubuntu yang merupakan distro turunan official dari Ubuntu ini lebih tepat digunakan untuk jaringan dalam kelas atau sekolah. Dengan Edubuntu, maka anak-anak akan mulai terbiasa dengan desktop normal.

-. Foresight for Kids / www.foresightlinux.org/foresight-kids/
Merupakan turunan dari Foresight Linux, Foresight for Kids menggunakan environment GNOME dan disertai aplikasi-aplikasi untuk anak-anak seperti Tuxtyping, Super Tux, Gcompris, Firefox hingga Banshee Media Player. Dengan lebahnya yang khas, Foresight for Kids menjadi lucu dan menarik untuk anak-anak berumur 3 hingga 12 tahun.

-. Doudou Linux / www.doudoulinux.org
Diambil dari kata dalam bahasa Prancis yang berarti sesuatu yang dibawa anak-anak untuk membuat mereka tenang hingga tertidur, Doudou Linux menggunakan Debian 5 sebagai base-nya. Uniknya, Doudou tidak mengharuskan Anda untuk install pada PC sehingga tidak perlu menyediakan PC khusus untuk anak. Dengan kemampuannya untuk LiveCD, anak-anak dapat menggunakan Doudou kapan saja dan di mana saja.

Jika masa kanak-kanak adalah masa kebebasan untuk bermain dan berpetualang, mengapa tidak mengajarkan filosofi kebebasan dan petualangan melalui Linux?

Sumber:detikinet.com

Comments
#1 | mvmt4z on 28 June 2011 20:55
nice post masbro .... patut di coba nih buat anak saya .... Smile
Post Comment
Please Login to Post a Comment.
Follow Us
Try Our Web Mobile
Becoming a Fan
Follow Us @xybrain
Our Web Mail
Paper
Latest Articles
Membuat/ Mengubah So...
Meningkatkan Volume ...
Memaksimalkan Fungsi...
Multiple Booting Win...
Instal Metasploit 3 ...
Shoutbox
You must login to post a message.

25/08/2019 13:20
Download: Naruto Kai English Subbed ! Watch online: [url=http://681niu
.com/liens/5110850
]TГ©lГ©charger
ce F

19/08/2019 21:30
Alhamdulillah kabar sehat bro Victory

12/08/2019 19:07
hallo Eva-00 gmn kabarnya?lama tak besuo Smile

25/04/2019 21:44
hellow semua..

18/04/2019 21:47
Helo...semua Link

Twitter Timeline
Copyright © 2007-2016