Username Password

Lost Password
View Thread
Explore Your Brain » Pemrograman » Java
Dasar Pemrograman Java - Chapter02 x Input Proses Output
Username
Password
Register FAQ Members List Today's Posts Search

Print Thread

27-03-2012 03:04 AM Dasar Pemrograman Java - Chapter02 x ...
User Avatar

EVA-00
HackAge


Posts: 2770
Joined: 21.05.08
Location: Wallahu a'lam
Age: 38
Semua programmer pasti setuju bahwa semua sistem apapun pasti mempunyai 3 elemen dasar yaitu Input, Proses dan Output tanpa tiga unsur elemen tersebut tidak bisa disebut sebuah sistem. Pada Chapter02 ini saya akan membahas mengenai Input Proses dan Output, khusus untuk unsur input ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai cara memberikan suatu bentuk inputan pada program java mau tidak mau suka tidak suka anda harus pdkt dengan 3 selebritis dalam dunia input yaitu BufferedReader, InputStreamReader dan Scanner, 3 seleb inilah yang nantinya sering anda jumpai di layar kaca monitor anda (kecuali Scanner), supaya Anda tidak grogi dengan mereka cobalah ketik source code berikut.


Nama File : Ch02_ipo1.java Penggunaan BufferedReader, InputStreamReader dan System.in

Download source  Code
import java.io.*;

public class ch02_ipo1{
   public static void main (String[] args) throws Exception{
      //1. class untuk meng-input menggunakan
      //BufferedReader & InputStreamReader dengan object dengan nama masukan
      BufferedReader masukan = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
      
      //2. variabel yg digunakan untuk input proses ouput
      String nama_barang, hrg, jml_bl;
      int harga, jumlah_beli, total;
      
      //3. elemen input
      System.out.print("Nama Barang = "); nama_barang=masukan.readLine();
      System.out.print("Harga       = "); hrg=masukan.readLine();
      System.out.print("Jumlah Beli = "); jml_bl=masukan.readLine();
      
      
      //4. proses konversi String to Integer
      harga = Integer.parseInt(hrg);
      jumlah_beli = Integer.parseInt(jml_bl);
      
      //5. elemen proses
      total = hargar * jumlah_beli;
      
      //6. elemen output
      System.out.println("===========================+");
      System.out.println("Nama Barang = " +nama_barang);
      System.out.println("Harga       = " +harga);
      System.out.println("Jumlah Beli = " +jumlah_beli);
      System.out.println("Total       = " +total);
      
   }
}





Hasilnya Output :

C:\java>javac ch02_ipo1.java

C:\java>java ch02_ipo1

Nama Barang = Rubik's Cube
Harga = 130000
Jumlah Beli = 2
===========================+
Nama Barang = Rubik's Cube
Harga = 130000
Jumlah Beli = 2
Total = 260000






import java.io.*; = library yang dibutuhkan untuk proses input yang menggunakan BufferedReader & InputStreamreader


BufferedReader masukan = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

BufferedReader = "Ni video lama bener Bufferingnya...!!!" kata Buffer sering dijumpai dikala seseorang memutar video secara online (biasanya disebut Buffering) yang artinya proses pemutaran video sedang di tampung/dialokasikan dengan nama file acak, dimana??? ya jelas di temporary file setelah file video selesai di tampung maka anda bisa lancar menontonnya bukan, (anda yang sering memutar video secara online pasti hardisknya cepet penuh :D), lalu apa arti dari BufferedReader pada java??? ya kurang lebih sama, BufferedReader membaca masukan karakter yang dimasukkan user dan ditampung oleh sebuah objek dengan nama "masukan".

InputStreamReader(System.in) = "Kesel banget gw, pertandingan Barcelona Vs Real Madrid ga disiarin di TV OneNg, Terpaksa streaming di situs bla..blaa..blaa deh mana putus-putus lagi :( " istilah streaming juga sering kita jumpai, dimana sebuah event secara LIVE disiarkan secara langsung melalui media internet, begitu juga dengan InputStreamReader yang artinya segala sesuatu yang ditampung oleh Bufferedreader entah itu berupa String, Integer, Float, Spesial karakter semuanya akan dikonversi menjadi karakter2 (String) dan System.in bertugas untuk mencari dan mempersiapkan tempat kosong dimemory untuk menerima hasil konversi dari InputStreamReader, setelah mendapatkan tempat dimemory tentu harus dibaca, untuk itulah dibutuhkan asisten bagi seleb tersebut yaitu readLine(); yang bertugas membaca hasil dari InputStreamReader setelah berhasil ditempatkan dimemory.


//2. variabel yg digunakan untuk input proses ouput
String nama_barang, hrg, jml_bl;
int harga, jumlah_beli, total;

mengenai tipe data yang digunakan di pemgrograman java, bisa membaca lebih lengkap pada tautan
berikut ini : [url=http://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/nutsandbolts/datatypes.html
]http://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/nutsandbolts/datatypes.html
[/url]

//3. elemen input
System.out.print("Nama Barang = "); nama_barang=masukan.readLine();
System.out.print("Harga = "); hrg=masukan.readLine();
System.out.print("Jumlah Beli = "); jml_bl=masukan.readLine();

Potongan kode diatas adalah kode untuk menampilkan dan memberi input berupa nama_barang, hrg dan jml_bl dan ingat isi yang ditampung pada masing-masing variabel berupa string.

//4. proses konversi String to Integer
harga = Integer.parseInt(hrg);
jumlah_beli = Integer.parseInt(jml_bl);

Integer.parseInt() berfungsi untuk mengkonversi String kedalam Integer, lalu bagaimana jika tipe data yang mau dikonversi adalah String ke Float, atau String ke double??? ok, berikut ini daftar perintahnya :

- Integer.parseInt() : string to integer
- Float.parseFloat() : string to float
- Double.parseDouble() : string to Double

//5. elemen proses
total = harga * jumlah_beli;

Mencari total dengan meng-kalkulasi variabel yang telah di konversi ke integer

//6. elemen output
System.out.println("===========================+");
System.out.println("Nama Barang = " +nama_barang);
System.out.println("Harga = " +harga);
System.out.println("Jumlah Beli = " +jumlah_beli);
System.out.println("Total = " +total);

Input sudah, Proses juga sudah dan terkahir tentu saja Output yang nantinya tercipta sebuah Sistem yang sederhana, potongan kode diatas adalah kode untuk menghasilkan ouput.

NB : untuk membuat komentar pada java, anda bisa menggunakan // dan //** isi komentar **//



Nama File : Ch02_ipo2.java Penggunaan Scanner dan System.in

Download source  Code
import java.util.Scanner;

public class ch02_ipo2{
   public static void main (String[] args) throws Exception{
      //class untuk input menggunakan Scanner
      Scanner masukan = new Scanner (System.in);
      
      //variabel yg digunakan untuk input proses ouput
      String nama_barang;
      int harga, jumlah_barang, total;
      
      //elemen input
      System.out.print("Nama Barang   = "); nama_barang = masukan.nextLine();
      System.out.print("Harga         = "); harga = masukan.nextInt();
      System.out.print("Jumlah Barang = "); jumlah_barang = masukan.nextInt();
      System.out.println("=====================");
      
      //elemen proses
      total = harga * jumlah_barang;
      
      //elemen output
      System.out.println("Nama Barang   = " +nama_barang);
      System.out.println("Harga         = " +harga);
      System.out.println("Jumlah Barang = " +jumlah_barang);
      System.out.println("Total         = " +total);
   }
}






Hasilnya :
C:\java>javac ch02_ipo2.java

C:\java>java ch02_ipo2
Nama Barang = Rubik's Cube
Harga = 120000
Jumlah Barang = 4
=====================
Nama Barang = Rubik's Cube
Harga = 120000
Jumlah Barang = 4
Total = 480000




Class Scanner ini sebenarnya cukup sederhana, apa yang di input oleh user tidak perlu di konversikan lagi dan untuk membaca data dari masing-masing variable yang telah di input harus menggunakan metode khusus yaitu :

- nextLine() = Membaca String / Text
- readInt() = untuk membaca nilai integer
- readDouble() = untuk membaca nilai double.
- readFloat() = untuk membaca nilai float.

Untuk menggunakan class scanner dibutuhkan paket java.util


Sampai sini apakah anda sudah memahami bagaimana membuat sebuah sistem sederhana (Input-Proses-Ouput), supaya anda lebih kenal dan akrab dengan selebritis Input di pemgrograman Java kerjakanlan Latihan

Berikut :

1. Buatlah program untuk meng-konversi derajat Celcius ke derajan Reamor dan Fahrenheit dengan

bentuk Input dan Output Berikut :

//Input
Input Nilai Derajan Celcius = ...

//Output
===================
Hasilnversi
Derajat Fahrenheit : ...
Derajat Reamor : ...


2. Buatlah program untuk menghitung Luas Segitiga, dengan bentuk Input dan Output berikut :

//Input
Input Panjang = ...
Input Tinggi = ...

//Output
======================
Panjang = ...
Tinggi = ...
Luas Segitiga = ...



3. Buatlah program untuk menghitung IPK Mahasiswa dengan Input dan Output Berikut

//Input
Nama =
Nilai Absen =
Nilai Tugas =
Nilai UTS =
Nilai UAS =

//Output
=====================
Mahasiswa dengan nama ..... mendapatkan IPK = .....


rumus mencari IPK = (0.1 * Absen) + (0.2 * Tugas) + (0.3 * UTS) + (0.4 * UAS)

Selamat mengerjakan, dan sampai ketemu pada Chapter Berikutnya :lol
Nabi Muhammad SAW bersabda :ā€¯ Barangsiapa Yang Mengamalkan Ilmu Yang Ia Ketahui Maka Allah Akan Memberikan Kepadanya Ilmu Yang Belum Ia Ketahuiā€¯ (HR. Imam Ahmad).

..::shn6 u!vJq Jnoh 3Joldx3 d33>I::..
 
Offline
30-04-2012 11:23 PM RE: Dasar Pemrograman Java - Chapter02 x ...
User Avatar

klepekklepek
Murid Akademi II


Posts: 34
Joined: 26.12.09
thanks for sharing om, n maap nubi mo tanya yang ini:
"Class Scanner ini sebenarnya cukup sederhana, apa yang di input oleh user tidak perlu di konversikan lagi dan untuk membaca data dari masing-masing variable yang telah di input harus menggunakan metode khusus yaitu:

- nextLine() = Membaca String / Text
- readInt() = untuk membaca nilai integer << nextInt ato readInt om
- readDouble() = untuk membaca nilai double. << nextDouble ato readDouble om
- readFloat() = untuk membaca nilai float. << nextFloat ato readFloat om"

ditunggu chapter-chapter selanjutnya om Nicethread
 
Offline
Jump to Forum:
Forum powered by fusionBoard
Share this Thread
URL:
BBcode:
HTML:
Similar Threads
Thread Forum Replies Last Post
eBook Java Bahasa Indonesia ā€“ Aplikasi POS Berarsitektur Three Tier Menggunakan Swing, Hibernate, da E-Book 12 03-02-2014 15:21
Dasar Pemrograman Java - Chapter01 x Requirement, Compile, Error & Run Java 3 01-04-2012 03:33
Flash AS 3.0: output tidak sesuai dengan codingan Out Of Topic Programing 2 02-02-2011 23:55
Konsep Mendasar Bahasa Java Java 5 24-01-2011 10:03
Software untuk Menjalankan Prpgram Java Java 5 17-12-2010 00:38
Copyright © 2007-2016