Swing merupakan suatu cara untuk pembuatan aplikasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface) di Java. Sebenarnya terdapat dua cara untuk pembuatan aplikasi yang berbasis GUI di Java selain menggunakan Swing, kita juga dapat menggunakan AWT, namun karena tingkat keamanannya rendah, AWT sudah tidak dikembangkan lagi. Cukup banyak paket di java untuk melakukan pemrograman GUI, tetapi sebagai pengenalan anda cukup memahami paket yang berada di javax.swing.
Untuk paket-paket lain yang membahas tentang pemrograman GUI dapat anda pelajari sendiri melalui dokumentasi yang dapat di-download melalui situs http://www.java.sun.com/docs/book/tutorial.
Program Pengenalan
Kita akan membuat program pengenalan yaitu menampilkan frame. Untuk menampilkan frame kita dapat menggunakan class JFrame yang terdapat di paket javax.swing.
import javax.swing.*;
class TesSwing {
public static void main(String[] args) {
JFrame f = new JFrame(“Tes Swing”); // membuat frame dengan judul Tes Swing
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); // menutup frame
f.setSize(400, 400); // mengeset ukuran frame
f.setVisible(true); // menampilkan frame
}
}
JButton
Sesuai namanya, JButton digunakan untuk membuat sejumlah button. Yang menariknya lagi, kita dapat menaruh gambar di button.
import javax.swing.*;
class TesJButton {
public static void main(String[] args) {
JFrame f = new JFrame(“Tes JButton”);
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JButton b = new JButton(“Tombol”);
f.add(b);
f.pack();
f.setVisible(true);
}
}
JPanel
JPanel merupakan subclass dari JContainer. JPanel berguna untuk mengelompokkan sejumlah objek. Berikut contoh dari JPanel.
import javax.swing.*;
class TesJPanel {
public static void main(String[] args) {
JFrame f = new JFrame(“Tes JPanel”);
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JPanel p = new Jpanel(); // membuat objek JPanel
p.add(new JButton(“Tombol 1”)); // membuat button di kaitkan ke panel
p.add(new JButton(“Tombol 2”)); // membuat button di kaitkan ke panel
p.add(new JButton(“Tombol 3”)); // membuat button di kaitkan ke panel
f.add(p); // mengaitkan panel ke frame
f.pack(); // membuat ukuran default
f.setVisible(true); // menampilkan frame
}
}
Kini anda telah mengerti cara pemrograman GUI di Java, sebenarnya dengan menggunakan IDE Netbeans kita di manjakan dengan fasilitas drag n drop. Yang tidak membuat kita pusing-pusing menulis baris-perbaris kode program. Namun, dalam belajar kita jangan menggunakan yang instan, karena kita ingin mengerti struktur program.
Dalam edisi mendatang akan dibahas kembali tentang Swing, salah satu pemrograman GUI di java, yang sudah menjadi pemrograman GUI masa depan java.
Cukup sekian dan terima kasih. Wassalammualaikum dan salam sejahtera bagi umat beragama lain.
'kita tahu ada masalah,
kita tahu solusinya seperti apa.
Maka seharusnya kita berani berjuang dengan idealisme kita. Persetan dengan yang namanya realita'
Anonymous
( Someone at world wide web )
Thank’s to :
- My God Allah SWT, Kasih SayangMu Takkan Pernah Dapat Kuhitung
- My PC, Maafkan Aku Yang Telah Memaksamu Untuk Beroperasi Walau Dalam Keadaan Sekarat