Username Password

Lost Password
View Thread
Explore Your Brain » Pemrograman » Java
Applet
Username
Password
Register FAQ Members List Today's Posts Search

Print Thread

03-07-2009 01:21 PM Applet
User Avatar

insomniacz
Genin


Posts: 50
Joined: 29.06.09
Pengenalan Applet

Applet adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Java. Applet dikhususkan untuk aplikasi yang berjalan di web browser seperti Mozilla, dll. Walaupun applet memiliki kelemahan dan kekurangan, namun applet pernah berjaya di masa lalu. Karena saat Java baru di rilis, kebanyakan aplikasi yang dibuat adalah web based bukan desktop based. Meskipun banyak lahir bahasa pemrograman baru yang memfokuskan pada web based, kehadiran applet tetaplah dibutuhkan.
Untuk memahami applet setidaknya anda telah memiliki pengetahuan tentang HyperText Markup Language(HTML), karena applet dibundel di dalam kode HTML seperti halnya Javascript.

Program Pengenalan
Disini kita akan berkenalan dengan program biner Java lainnya yaitu, appletviewer. Sesuai dengan namanya, program ini berguna untuk melihat hasil program applet kita sebelum kita menjalankannya di web browser.

import javax.swing.JApplet;
import java.awt.Graphics;
public class TesApplet extends JApplet {
public void paint(Graphics g) {
g.drawString(“Selamat Datang di Dunia Applet Java”, 10, 20);
}
}




Program tersebut anda simpan dengan nama TesApplet.java. Terlihat perbedaan saat kita membuat aplikasi Java yang desktop based, dengan Applet. Untuk membuat program yang desktop based agar dapat dieksekusi kita harus mendeklarasikan method main. Sementara untuk aplikasi Applet tidak ada kata public static void main(String[] args). Namun pendeklarsian class haruslah bersifat public, agar bisa dipanggil dari luar class tersebut.
Jika class tidak dideklarasikan sebagai public, maka akan terjadi kesalahan saat kita menjalankan perintah appletviewer. Setelah dikompilasi buatlah file seperti di bawah ini :

<html>
<applet code = “TesApplet.class” width=”300” height=”300”>
</applet>
</html>

Simpan dengan nama TesApplet.html. Selanjutnya anda dapat mengeksekusinya sebagai berikut : appletviewer TesApplet.html. Jika tidak ada kesalahan maka anda akan mendapatkan tulisan Selamat Datang di Dunia Applet Java. Anda juga dapat melihat hasilnya melalui web browser.

Attribute pada Applet

Attribute Keterangan
align penataan applet pada halaman web
hspace jumlah spasi, kiri dan kanan
vspace jumlah spasi, atas dan bawah
code menentukan nama berkas (.class)
codebase menentukan letak direktori dari berkas
altteks yang akan ditampilkan (web browser not supported)
name untuk komunikasi antar applet
height tinggi applet
width lebar applet

Walaupun applet kini sudah jarang digunakan, namun ada kalanya kita masih membutuhkannya. Jika anda tertarik dengan applet, anda dapat mempelajari buku-buku java terbitan beberapa tahun yang lalu, karena kebanyakan masih membahas tentang applet.
Cukup sekian dan terima kasih banyak atas partisipasinya. Mohon maaf atas segala keterbatasan dan kekurangan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang java.


'mencoba menembus batas normal'



Thank’s to :

- My God Allah SWT, Kasih SayangMu Takkan Pernah Dapat Kuhitung
- My PC, Maafkan Aku Yang Telah Memaksamu Untuk Beroperasi Walau Dalam Keadaan Sekarat
- Dewi sang Matahari Malamku, maafkan aku telah menduakanmu dengan komputer....


"Tolong dikoreksi Jika ada Kesalahan...."
 
Offline
Jump to Forum:
Forum powered by fusionBoard
Share this Thread
URL:
BBcode:
HTML:
Copyright © 2007-2016