Username Password

Register Here || Lost Password
View Thread
Explore Your Brain » Share Your Knowledge - Info - News - Etc Here » Share Pengetahuan Umum
VGA, DVI, HDMI dan DisplayPort. Mana yang terbaik?
Username
Password
Register FAQ Members List Today's Posts Search

Print Thread

24-10-2011 10:12 PM VGA, DVI, HDMI dan DisplayPort. Mana ...
User Avatar

EVA-00
HackAge


Posts: 2768
Joined: 21.05.08
Location: Wallahu a'lam
Age: 33
Sekarang awam sudah berganti. Ada banyak kabel dan konektor yang memungkinkan anda menghubungkan berbagai perangkat ke perangkat. Tiga kabel video digital yang saat ini mengemuka adalah HDMI, DVI juga DisplayPort. Apa saja kelebihan dan kekurangnya?

www.jestineyong.com/wp-content/uploads/2008/07/vga2.jpg


MENGAPA TIDAK KABEL VGA atau COMPOSITE VIDEO

Kabel video lama, termasuk VGA dan Composite video, hanya mentransmisikan sinyal video analog. Sekalipun bagus buat monitor CRT tapi kurang mantab untuk layar LCD. Walau saat ini banyak LCD TV dan monitor komputer masih bisa menerima VGA input, umumnya LCD TV dan monitor komputer bekerja sempurna dengan DVI atau HDMI.

Beberapa video card dan video playback device termasuk Apple TV, bahkan tidak menyertakan VGA atau composite output, dan akan menjadi trend di masa mendatang. Walau komputer dan monitor anda sekarang bekerja baik dengan VGA, tidak ada salahnya anda mengetahui mana kabel digital terbaik bila hendak membeli perangkat video di kemudian hari.


BEDA ANTAR KABEL DIGITAL

Dua konektor digital utama yang dipakai komputer dan entertaiment system saat ini adalah HDMI dan DVI. DisplayPort adalah konektor baru lainnya yang tengah disertakan ke sejumlah komputer baru, dan juga terdapat beberapa varian mini dan micro dari ketiga kabel ini

www.abadicomputer.com.my/image/cb/VgaHdmiDvi.jpg


DVI merupakan salah satu kabel digital video paling umum yang ada di dekstop dan LCD monitor saat ini. Ia mirip konektor VGA, dengak 24 pin dan mensupport analog juga digiatal video. DVI dapat menstream sampai 1920A~1200 HD video, atau dengan konektor dual-link DVI anda bisa mensupport sampai 2560~1600 pixel. Beberapa kabel atau port DVI mungkin mempunyai pin lebih sedikit lantaran dirancang untuk perangkat resolusi rendah.

Jadi anda harus perhatikan hal ini. Akan tetapi, bila port berisi semua pin maka ia mensupport resolusi maksimal tanpa kendala. Masalah terbesar pada DVI adalah, secara default, ia tidak mensupport enkripsi HDCP, sehingga jika hardware anda hanya menyertakan port DVI, anda mungkin tidak bisa memplayback full HD Blue-ray dan HD content lainnya.

vga to dvi konverterAnda bisa mengoneksikan DVI ke port HDMI pada monitor baru dengan digital converter mini. Akan tetapi, karena DVI tidak mensupport audio, anda harus menggunakan kabel sendiri buat audio saat menghubungkan ke HDMI port. Ini menjadikan DVI salah satu konektor baru yang banyak digunakan. Ia backward dan forward compatible walau lemah dalam beberapa hal. Anda juga bisa menghubungkan monitor lama yang hanya mempunyai VGA port ke DVI port lewat DVI to VGA converter bila video output mensupport analog video.

HDMI

images.bidorbuy.co.za/user_images/510/1066510_110623185331_3M_HDMI.jpg


HDMI adalah kabel default pada HDTV, Blue-ray player, Apple TV, komputer dan video card baru, dan seabrek video device lainnya. Kabel HDMI mudah dipasang, semudah anda mencolokkan perangkat basis USB. Anda cukup push and play. Kabel-kabel HDMI dapat menstream digital video dan audio secara bersamaan lewat kabel yang sama.

Kabel-kabel HDMI mensupport sampai 1920A~1200 HD video dan 8 chanel audio. Juga, mensupport enkripsi HDCP pada beberapa HD content terkini. Seutas kabel HDMI memungkinkan anda menghubunkan komputer atau video divice ke monitor atau TV, dan ia adalah kabel digital standar.


DISPLAY PORT

tabloidcomputer.files.wordpress.com/2011/05/300px-displayport-cable1.jpg


DisplayPort merupakan video connector baru lainnya yang mulai muncul di banyak perangkat baru, khususnya laptop. Ia dirancang menggantikan DVI dan VGA di komputer, tapi penggunaannya tidak sebanyak DVI atau HDMI. Akan tetapi , ia sudah banyak tertanam ke komputer baru Mac, Dell, HP dan Lenovo. Sebenarnya ia sangat mirip HDMI, dan dapat menstream baik HD video dan audio kabel yang sama, dan bisa mensupport resolusi hingga 1920A~1080 dan 8 channel audio di seutas kabel.

Kelebihannya, DisplayPort mensupport HDCP, sehinnga anda dapat menggunakannya untuk memplayback HD content terproteksi pada Blue-ray dan banyak lagi. Anda juga dapat menghubungkan ke HDMI atau DVI port dengan sebuah converter, karena sinyal digital kompatibel. Kelemahannya sedikit monitor dan TV menyertakan diplayPort port sehingga anda harus membekali dengan konverter bila anda ingin menggabungkan latop ke layar lebar.

Sumber : tabloid komputek edisi 698
Nabi Muhammad SAW bersabda :” Barangsiapa Yang Mengamalkan Ilmu Yang Ia Ketahui Maka Allah Akan Memberikan Kepadanya Ilmu Yang Belum Ia Ketahui” (HR. Imam Ahmad).

..::shn6 u!vJq Jnoh 3Joldx3 d33>I::..
 
Offline
Jump to Forum:
Forum powered by fusionBoard
Share this Thread
URL:
BBcode:
HTML:
Similar Threads
Thread Forum Replies Last Post
Cara Untuk Menjadi Kepribadian Yang Dewasa Out Of Topic 1 30-01-2014 21:53
mulai dari mana..? PHP 7 04-07-2013 14:14
[tanya] Cara Buat Dock Header XYB Yang seperti menu Mac OS Explore CMS PHP-Fusion 21 14-01-2013 18:49
Plop Boot Manager - Buat PC yang tidak support USB Booting Out Of Topic 2 13-04-2012 20:42
Apakah Perbandingan Antara Android Yang Memiliki GPU dan Yang Tidak Memiliki GPU? Mobile Phone OS 3 19-03-2012 02:57
Copyright © 2007-2016